Entri yang Diunggulkan

Inovasi VIO Optical Clinic Penglihatan yang Lebih Baik

Inovasi VIO Optical Clinic buat tatapan Yang Lebih cakap ialah layanan Eyecare handal dengan mutu perlengkapan standar global. Apa itu VIO O...

Kamis, 24 Mei 2012

Penjelasan Biaya Kesempatan (Opportunity Cost) dalam ilmu Ekonomi

Pilihan yang dibuatnya berdasarkan pertimbangan untung-rugi dengan membandingkan biaya yang harus dikeluarkan dan hasil yang akan diperoleh.
Biaya yang dimaksud dalam konsep ilmu ekonomi (economic cost) berbeda dengan konsep biaya akutansi (accounting cost)


Sebagai contoh:
Rian berbisnis jual beli mobil. Di awal tahun Lia membeli mobil seharga Rp.70jt, kemudian diperbaiki dengan biaya Rp. 10jt, maka total menurut konsep akutansi adalah Rp. 80jt. Di akhir tahun Lia jual seharga Rp. 92jt, maka keuntungan sebesar Rp. 12jt.
Ekonomi melihat dari sudut pandang yang lebih luas, yaitu alternatif penggunaan uang sebesar Rp. 80jt, jika tidak digunakan untuk membeli mobil bekas. Alternatif yang paling umum adalah menyimpanya dalam bentuk deposito berjangka. Jika bunga deposito 20% pertahun, diakhir tahun uang Lia menjadi Rp.96jt.
Jadi walau secara akutansi Lia untung Rp.12jt, namun secara ekonomi Lia rugi Rp.4jt, sebab dengan mendeposito uangnya dia memperoleh Rp.4jt lebih banyak dibanding jual beli mobil bekas.

0 komentar:

Posting Komentar