Entri yang Diunggulkan

Inovasi VIO Optical Clinic Penglihatan yang Lebih Baik

Inovasi VIO Optical Clinic buat tatapan Yang Lebih cakap ialah layanan Eyecare handal dengan mutu perlengkapan standar global. Apa itu VIO O...

Minggu, 24 Juni 2012

Beberapa macam penyakit pernafasan

BATUK
Batuk sebenarnya merupakan mekanisme tubuh dalam mengeluarkan adanya benda asing yang masuk ke dalam saluran pernafasan bagian atas. hal - hal yang memicu timbulnya batik diantaranya adalah: debu, virus, bakteri, allergen, atau bahkan makanan. Selain itu, batuk juga biasanya disebabkan oleh adanya alergi dan menyertai flu yang biasanya ditandai dengan adanya dahak. Selama tidak merasa terganggu, batuk cukup disembuhkan dengan istirahat yang cukup serta asupan airan yang banyak. Namun bila dirasa sudah sangat mengganggu, apalagi bila disertai dengan gejala yang lain, seperti batuk berdarah, sudah selama 30 hari berturut - turut tidak sembuh, maka kita perlu mengunjungi dokter untuk menegakkan diagnosa dan mendapatkan pengobatan yang semestinya.
 
BRONCHITIS
Bronchitis atau peradangan tenggorokan terjadi karena adanya lendir - lendir yang berlebihan dari dalam tubuh. Penyakit bronchitis ini bisa dibedakan menjadi 2, yaitu bronchitis akuta  yang disebabkan oleh salesma atau pilek biasa dan bronchitis chronica ang disebabkan karena tonsil atau adenoid yang terkena infeksi. Pada dasarnya, bronchitis ini merupakan peradanga pada cabang tenggorokan yang umunya terjadi karena infeksi pada hidung bagian atas dan kerongkongan.
 
ASTHMA
Asthma atau yang lebih dikenal masyarakat sebagai asm adalah suatu keadaan alergi yang merupakan reaksi tubuh terhadap suatu zat seperti serbuk, jamur, bulu binatang, makanan, atau bahkan obat - obatan tertentu serta bisa juga disebabkan oleh adanya infeksi pada alat - alat pernafasan. Penderita asma biasanya mengalami susah bernafas karena terdapat banyak lendir pada tenggorokan. 
 
TUBERKULOSIS
Tuberkulosis atau yang biasa disingkat TB adalah penyakit infeksi yang disebabkan basil Mycobacterium tuberculosis atau basil tuberkel yang tahan asam. Penyakit ini menyerang paru - paru dan sistem kekebalan tubuh lah yang berusaha melawan infeksi tersebut. Tanpa pengobatan serta penanganan yang benar, penderita tuberkulosis ini akan membawa penyakit ini semuru hidup mereka.
 
PNEUMONIA
Penyakit pneumonia adalah infeksi yang menyebabkan paru - paru meradang. Kantung - kantung kemampuan menyerap oksigen menjadi berkurang dan kekurangan oksigen membuat sel - sel tubuh tidak bisa bekerja sehingga bisa menyebabkan kematian. Pneuminia sendiri sebenarnya bukan merupakan penyakit tunggal karena penyebab dari penyakit ini bisa  bermacam - macam. Penelitian terakhir mneyebutkan bahwa penyakit pneumonia ini disebabkan oleh 30 sumber infeksi. Penyakit ini merupakan salah satu masalah kesehatan yang diperhatikan secara serius oleh dunia karena merupakan  penyakit yang memiliki angka kematian yang cukup tinggi. 

0 komentar:

Posting Komentar