Kamis, 28 Juni 2012

beberapa penyakit tiroid

GONDOK
Gondok adalah pembesaran kelenjar tiroid. Orang dengan tiroid yang membesar dapat memiliki fungsi kelenjar yang normal (eutiroidisme). Penyakit gondok seringkali diakibatkan oleh peningkatan sekresi hormon tirotropik kelenjar pituitaria dalam responnya terhadap penurunan kadar hormon tiroid dalam sirkulasi. Pembesaran tiroid ini juga bisa diakibatkan dari proses infiltratif yang dapat berupa radang atau neoplastik. Pada beberapa wanita yang sedang hamil juga bisa mengalami pembengkakan kelenjar tiroid ini. Namun kondisi tersebut akan pulih dengan sendirinya setelah melahirkan. Pembengkakan kelenjar tiroid ini ditandai dengan munculnya benjolan di tengah atas leher depan, di tempat kelenjar gondok / tiroid berada. Umumnya, penderita pembengkakan kelenjar tiroid ini mudah gugup dan jantung terasa berdebar - debar
 
KRETINISME
Penyakit kretinisme ini merupakan akibat dari kekurangan tiroksin. Penyakit kretinisme ditandai dengan tubuh yang berukuran pendek dan gemuk (kerdil) serta memiliki tingkat intelegensi yang rendah (keterbelakangan mental). Penyakit kretinisme dapat disembuhkan dengan pemberian suntikan tiroksin.
 
MIKSEDEMA
Miksedema adalah penyakit kekurangan tiroksin pada tubuh orang dewasa. penyakit miksedema ini ditandai dengan gejala tubuh yang lesu, terjadi kelebihan berat badan, kebotakan, denyut nadi yang lemah, temperatur tubuh yang rendah, serta kulit yang terasa kasar. Penyakit miksedema pada orang dewasa ini bisa disembuhkan dengan cara mengkonsumsi tiroksin atau jaringan tiroid kering.
 
STRUMA
Struma adalah penyakit yang disebabkan oleh pembengkakan yang terjadi pada kelenjar gondok. Penyebab dari penyakit struma ini antara lain adalah adanya peradangan, tumor, atau bisa juga disebabkan karena kekurangan yodium. Penyakit struma ini biasanya  menimbulkan benjolan pada leher bagian depan. Bila benjolan semakin membesar, makan penyakit struma ini bisa diobati dengan cara operasi pengangkatan  benjolan.

0 komentar:

Posting Komentar