Jumat, 29 Juni 2012

Kolesterol LDL dan Kolesterol HDL (Kolestrol jahat dan kolestrol baik)

LDL atau Low Density Lipoprotein lebih terkenal sebagai lemak jahat yang ada di dalam tubuh kita. Jadi bila di dalam tubuh kita terdapat kelebihan lemak, maka secara otomatis lemak tersebut akan diubah menjadi kolesterol jahat. Sebaliknya, HDL atau High Density Lipoprotein  merupakan kolesterol baik yang menyerap kolesterol yag berlebihn yang terdapat di dalam tubuh kita.

Bila di dalam tubuh kita terdapat kelebihan LDL maka akan terjadi proses atheroclerosis. Atheroclerosis merupakan proses penyumbatan pembuluh darah oleh karat lemak yang dicipatakan oleh LDL. Proses ini biasanya berlangsung selama bertahun - tahun dan terjadi di seluruh pembuluh darah di tubuh kita. Sumbatan oleh karat lemak inilah yang bisa menciptakan berbagai macam penyakit. Bagian yang paling sering terserang oleh penyumbatan karat lemak ini adalah otak, jantung, mata, serta ginjal.

Kadar HDL di dalam darah kita harus lebih dari 35 mg / dl. Semakin tinggi HDL akan semakin menyehatkan kita. Normalnya, HDL pada wanita akan lebih tinggi dari kadar HDL pria. Kita tidak boleh hanya terfokus pada kadar kolesterol saja. tetapi kita juga harus memperhatikan rasio kadar kolesterol secara total dan membandingkannya dengan HDL. Dalam kondisi ideal, rasio ideal kolesterol total berbanding HDL seharusnya kurang dari 4,0 untuk wanita dan kurang dari 4,5 untuk pria

Sedangkan untuk kadar LDL dalam darah idealnya kurang dari 130 mg/dl. Bila kadar LDL antara 130 - 159 mg/dl merupakan level waspada dan bila kadar LDL dalam darah diatas 160 mg/dl maka termasuk lewel yang berbahaya. Dalam kondisi sehat sekalipun, sudah sepatutnya kita menjaga pola makan dan menjalani gaya hidup sehat. Karena seiring dengan bertambahnya usia, akan semakin rentan juga tubuh kita terhadap berbagai macam penyakit. Terutama penyakit yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar LDL di dalam tubuh kita.

0 komentar:

Posting Komentar