Sabtu, 16 Juni 2012

Mengenal kelenjar prostat dan kanker prostat

Apakah kelenjar prostat?

Kelenjar prostat adalah organ yang terletak di dasar atau outlet (leher) dari kandung kemih. (Lihat diagram) kelenjar yang mengelilingi bagian pertama uretra.. uretra adalah bagian di mana urine mengalir dari kandung kemih keluar dari penis. Salah satu fungsi kelenjar prostat adalah untuk membantu mengendalikan kencing dengan menekan langsung terhadap bagian dari itu mengelilingi uretra. Fungsi lain dari kelenjar prostat adalah untuk menghasilkan beberapa zat yang ditemukan dalam air mani normal, seperti mineral dan gula. Semen adalah cairan sperma yang mengirim. Seorang pria dapat mengelola dengan cukup baik, namun tanpa kelenjar prostatnya. (Lihat bagian tentang perawatan bedah untuk kanker prostat.)

Dalam seorang pria muda, kelenjar prostat biasa adalah ukuran kenari. Selama penuaan normal, namun, kelenjar biasanya tumbuh lebih besar. Pembesaran dengan penuaan ini disebut hipertrofi prostat jinak (BPH), namun kondisi ini tidak terkait dengan kanker prostat. Kedua BPH dan kanker prostat, bagaimanapun, dapat menyebabkan masalah yang sama pada pria yang lebih tua. Sebagai contoh, sebuah kelenjar prostat membesar dapat menekan atau melanggar di outlet kandung kemih atau uretra, menyebabkan kesulitan buang air kecil. Gejala-gejala yang dihasilkan umumnya termasuk melambatnya aliran kemih dan buang air kecil lebih sering, terutama pada malam hari.

Apa itu kanker prostat?

Prostat adalah kanker ganas (kanker) Tumor (pertumbuhan) yang terdiri dari sel-sel dari kelenjar prostat. Tumor biasanya tumbuh lambat dan masih terbatas kelenjar selama bertahun-tahun. Selama waktu ini, tumor yang menghasilkan sedikit atau tidak ada gejala atau tanda-tanda luar (kelainan pada pemeriksaan fisik). Sebagai uang muka kanker, namun, ini bisa menyebar di luar prostat ke dalam jaringan sekitarnya (penyebaran lokal). Selain itu, kanker juga dapat bermetastasis (menyebar lebih jauh) di seluruh area lain dari tubuh, seperti tulang, paru-paru, dan hati. Gejala dan tanda, oleh karena itu, lebih sering dikaitkan dengan kanker prostat stadium lanjut.

Mengapa kanker prostat bahaya?

Kanker prostat merupakan keganasan yang paling umum pada pria Amerika dan penyebab utama kedua kematian akibat kanker, setelah kanker paru-paru. Kebanyakan ahli dalam bidang ini, karena itu, menyarankan agar mulai pada usia 40, semua orang harus menjalani pemeriksaan tahunan untuk kanker prostat.

0 komentar:

Posting Komentar