Sabtu, 30 Juni 2012

Tanda tanda menopause

Menurut Waluyo (2010) ada 3 tiga gejala terjadinya menopause:
a.       Secara medis ada tiga gejala menopause yaitu: menstruasi yang kacau, semburan panas, dan keringnya vagina. Semua itu disebabkan oleh penurunan kadar estrogen yang diproduksi tubuh.

b.      Gejala – gejala lain yang kadang juga sangat mengganggu adalah gejala emosional yang disebabkan oleh meningkatnya kadar folikel stimulating hormon (FSH, hormone, perangsangan Folikel telur) dan luteinizing hormone (LH).

c.       Hormon estrogen diproduksi oleh kelenjar pituitary sebagai respon untuk menstimulasi hipotalamus diotak untuk mengaktifkan ovarium. Ketika siklus menstruasi kacau dan persediaan sel telur makin menipis, maka FSH dan LH diproduksi sangat banyak sampai 15 kali biasanya. Ini merupakan mekanisme tubuh mengaktifan kembali ovarium yang “mogok”. Pemeriksaan laboratorium yang mengindentikasikan tingginya kadar FSH dan LH menunjukkan bahwa pada saat itu anda memasuki masa perimenopouse. Berikut ini beberapa gejala emosi menopause yang disebabkan membajirnya FSH dan LH yang sering dialami wanita menjelang menopause. Suasana hati yang berubah – ubah, mudah marah dan mudah sedih tanpa sebab jelas.

Depresi dan mengalami demensia
Sering cemas dan gelisah tanpa sebab yang jelas
Alergi meningkat
Sulit tidur pulas, sering terbangun tanpa sebab. Selain itu masih ada beberapa gejala fisik yang sering dialami wanita menopause.
Semburan panas (hot flashes), ini merupakan ciri khas menopause
Banjir keringat disaat terjadi semburan panasnya maupun disaat tidur malam hari.
Jantung berdebar
Kelelahan yang berlebpihan
Gangguan kulit
Gangguan sendi (osteoporosis)
Nyeri saat berhubungan seks
Intoleransi urine

0 komentar:

Posting Komentar