Selasa, 10 Juli 2012

Bahan Bahan Menyirih

Saat melakukan kegiatan menyirih biasanya menggunakan berbagai macam bahan yang saling dikombinasikan. Beberapa bahan yang umumnya digunakan saat menyirih diantaranya :

1. Daun sirih
Daun sirih merupakan bahan utama yang digunakan saat menyirih. Dari kandungan daun sirih inilah didapat manfaat dari kegiatan menyirih, diantaranya adalah menguatkan struktur gigi, menyembuhkan sariawan, bau mulut dan masih banyak lagi manfaatnya.

2. Gambir
Gambir merupakan semacam getah dari ekstrak daun maupun ranting dari tumbuhan Uncaria gambir yang sebelumnya telah dikeringkan sebelum digunakan. Gambir memiliki kandungan zat yang bernama catechin yang berkhasiat sebagai zat antioksidan.

3. Enjet (kapur sirih)
Enjet atau kapu sirih ini berbentuk seperti pasta yang berasal dari bahan cangkang kerang yang telah dihaluskan.

4. Areca nut atau betel nut
Areca nut atau betel nut ini merupakan buah dari golongan palem yang buahnya berukuran kecil.

Saat menyirih biasanya dilakukan dengan cara, beberapa lembar daun sirih dimasukan potongan kecil areca nut atau betel nut, gambir dan enjet atau kapur sirih digulung kemudian dikunyah secara bersamaan hingga menghasilkan dalam bahasa Jawa nya adalah dubang. Dubang ini merupakan air ludah yang berwarna merah. Dubang inilah yang merupakan hasil dari kegiatan nyirih.

Setelah menghasilkan dubang atau ludah berwarna merah, biasanya dubang akan diludahkan kemudian akan dilanjutkan dengan gumpalan dari rajangan tembakau yang bahasa Jawa nya  bernama susur untuk menggosok atau membersihkan gigi dan bibir.

Jika kita perhatikan para nenek kita dulu biarpun jarang menggosok gigi, tetapi giginya tetap kuat dan jarang ada yang berlubang. Mungkin inilah khasiat menyirih ini masih tetap dipertahankan.

0 komentar:

Posting Komentar