Sabtu, 16 Juni 2012

Pengertian Prostat dan Pencegahannya dari Kanker

 Bagi pria, menderita kanker prostat adalah mimpi buruk. Bagaimana tidak, penyakit yang satu ini bisa merenggut kejantanan yang selama ini selalu dibanggakannya. Apalagi, jika diingat bahwa hampir semua kanker jika sudah memasuki stadium menengah (stadium 2) hingga stadium lanjut dipastikan tidak dapat diobati. Di balik keganasan kanker prostat, tahukah Anda apakah sebenarnya kanker prostat itu? Apa penyebabnya dan bagaimana cara pencegahannya? Supaya Anda lebih tahu tentang kanker perenggut kejantanan ini, simaklah uraian berikut.

Tentang Prostat dan Kanker Prostat Pengertian prostat adalah nama dari kelenjar (aksesori) seksual pria. Fungsinya sebagai pemberi cairan pada semen (cairan sperma) yang melindungi sperma untuk keluar dari dalam tubuh pria. Prostat letaknya ada di bagian bawah kantung kemih yang juga di sisi kanan dan kiri uretra. Kanker prostat adalah kanker (pertumbuhan sel-sel yang tidak terkontrol) yang terbentuk di jaringan kelenjar prostat. Seperti kebanyakan kanker lainnya, jika dibiarkan, kanker ini bisa menyebar melalui darah dan getah bening ke organ-organ lain. Untungnya, kanker prostat perkembangannya cukup lambat jika dibandingkan dengan kanker yang lain. Penyebab Kanker Prostat Penyebab utama kanker prostat belum diketahui secara pasti.

Namun, hormon seksual pria (androgen) memegang peranan penting dalam perkembangannya. Dalam beberapa penelitian dikatakan bahwa peningkatan testosteron bisa meningkatkan risiko kanker prostat. Adapun peningkatan estrogen akan menurunkan risiko kanker prostat. Tak hanya itu, beberapa studi juga menemukan fakta bahwa konsumsi lemak berlebih bisa meningkatkan level testosteron yang akhirnya memperbesar risiko kanker. Faktor Risiko Kanker Selain peningkatan hormon testosteron dan penurunan hormon estrogen bisa menurunkan risiko kanker, ada pula faktor lain yang memperbesar kemungkinan terjadinya kanker prostat.

Di antaranya adalah usia pria yang berada di atas 40 tahun; sejarah keluarga yang pernah menderita kanker prostat; banyak mengkonsumsi daging; kebangsaan (Asia, Amerika, dan Eropa); seringnya terpapar dengan zat karsinogen (zat kimia penyebab kanker); infeksi dan peradangan prostat; serta adanya kanker lain yang sedang tumbuh di dalam tubuh. Stadium Kanker Prostat Seperti halnya kanker lain, kanker prostat juga memiliki tingkatan (stadium). Stadium tersebut disebut juga sebagai sistem Whitmore-Jewett. Berikut pembagiannya.
 
Stadium A: stadium ketika kanker masih berupa tumor (tumor = pertumbuhan sel-sel yang masih jinak). Stadium ini umumnya tidak terasa oleh penderita. Pendeteksian hanya bisa dilakukan ketika ada pembedahan karena hal tertentu.
Stadium B: stadium ketika tumor mulai tidak terkontrol, tetapi masih belum terasa oleh penderita. Pendeteksian hanya bisa dilakukan dengan tes darah atau tes fisik.
Stadium C: stadium ketika kanker sudah menyebar di dalam prostat, tetapi belum menyebar ke kelenjar getah bening. Pada stadium ini, kanker sudah terasa oleh penderita.
Stadium D: stadium ketika kanker sudah menyebar (bermetastasi) ke kelenjar getah bening dan beberapa bagian di dalam tubuh. Stadium ini disebut juga sebagai stadium lanjut.

Gejala Kanker Prostat Gejal-gejala yang terjadi saat menderita kanker prostat di antaranya adalah susah untuk mengeluarkan urin; pengeluaran urin yang sedikit-sedikit; pengeluaran urin yang terus menerus; sakit saat pengeluaran urin; sakit saat ejakulasi; sakit punggung bagian bawah; sakit usus; urin berdarah; turun berat badan; dan anemia. Pengobatan Kanker Prostat Pengobatan yang dilakukan bagi penderita kanker prostat biasanya disesuaikan dengan tingkatan kankernya itu sendiri. Pengobatan yang dilakukan di antaranya adalah terapi sinar (radioterapi); kemoterapi (terapi dengan obat-obatan kimia); dan juga bedah operasi (pengangkatan kelenjar prostat) Pencegahan Kanker Prostat Pencegahan kanker prostat dapat dilakukan dengan cara menjaga makanan (mengurangi konsumsi daging); tidak merokok; menghindari kontak dan konsumsi zat-zat karsinogen; berolahraga; membiasakan hidup sehat; banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan; dan pola hidup seimbang. Setelah mengetahui segala sesuatu tentang kanker prostat, mari kita cegah diri kita dari hal-hal yang berbahaya. Tentu saja agar kita bisa terhindar dari penyakit ini.

1 komentar:

Blog yang menarik dan informatif sekali

Klinik Apollo Adalah Rumah Sakit di Jakarta, Dibidang Andrologi dan Ginekologi, terbaik dan Nomor 1 di jakarta memberikan layanan medis prima, dilengkapi alat medis yang modern menyembukan berbagai penyakit kelamin seperti Gonore, Kencing nanah, Sipilis sifilis,Kutil kelamin , Kondiloma akuminata, Kutu kelamin, Keputihan, Ejakulasi Dini,Wasir dan Ambeien


Ciri Terkena Penyakit Prostat

Radang Prostat dan Pembengkakan Prostat


Posting Komentar