Entri yang Diunggulkan

Inovasi VIO Optical Clinic Penglihatan yang Lebih Baik

Inovasi VIO Optical Clinic buat tatapan Yang Lebih cakap ialah layanan Eyecare handal dengan mutu perlengkapan standar global. Apa itu VIO O...

Senin, 16 Juli 2012

Penjelasan Metodologi Ilmu Ekonomi

Teori Ekonomi. Menaruh perhatian besar terhadap kemampuan memberi penjelasan dan prediksi atas gejal-gejala yang diamati.

 
Model ekonomi. Model ekonomi yang baik dilihat dari variabel yang digunakan dengan perhatikan prinsip Ockam Razor, yaitu detail-detail yang tidak relevan dikeluarkan dari model.

          Metode deduktif dan induktif. Metode deduktif adalah metode pengambilan kesimpulan untuk hal-hal khusus berdasarkan kesimpulan yang bersifat umum, begitu sebaliknya dengan metode induktif.
          Ceteris Parebus dan Fallacy of composition. Cateris paribus bermakna faktor-faktor lain dianggap tetap. Sementara Fallacy of Composition adalah apa yang baik dalam skala kecil belum tentu baik dalam skala besar, dalam arti penarikan kesimpulan belum tentu sama.
Ekonomi positif dan ekonomi normatif. Ekonomi positif adalah mengamati kondisi yang membandingkan dunia nyata dengan dunia ideal. Sementara ekonomi normatif adalah suatu pandangan subyektif dalam mengamati kondisi.

0 komentar:

Posting Komentar