Kamis, 31 Mei 2012

Kanker Mulut


Pengertian Kanker Mulut

Kanker mulut merupakan bagian dari kelompok kanker yang disebut kanker kepala dan leher. Kanker mulut dapat berkembang dalam setiap bagian dari rongga mulut atau orofaring. Kebanyakan kanker mulut dimulai di lidah dan di dasar mulut. Hampir semua kanker mulut dimulai dalam sel datar ( sel skuamosa ) yang menutupi permukaan mulut, lidah, dan bibir. Kanker ini disebut karsinoma sel skuamosa.
Ketika kanker menyebar oral (metastasizes), biasanya perjalanan melaluisistem limfatik . Kanker sel-sel yang memasuki sistem limfatik yang terbawa oleh getah bening , cairan, jelas berair. Sel-sel kanker sering muncul pertama pada kelenjar getah bening terdekat di leher.

 
Sel kanker juga dapat menyebar ke bagian lain dari leher, paru-paru, dan bagian lain dari tubuh. Ketika ini terjadi, tumor baru mempunyai jenis yang sama sel-sel abnormal sebagai tumor primer. Sebagai contoh, jika kanker mulut menyebar ke paru-paru, sel-sel kanker di paru-paru sebenarnya sel-sel kanker mulut. Penyakit ini metastasis kanker mulut, bukan kanker paru-paru. Hal ini diperlakukan sebagai kanker mulut, bukan kanker paru-paru .Dokter kadang-kadang menyebut tumor baru "jauh" atau penyakit metastasis.
Kanker mulut adalah sejenis kanker yang tumbuh di sekitar mulut. Saat ini menjadi semakin populer untuk jenis kanker dengan semakin banyaknya orang yang menderita kanker mulut atau kanker lidah. Berdasarkan data memang kanker payudara dan getah bening masih yang terbanyak penderitanya. Namun perkembangan penderita kanker mulut akhir-akhir ini sebakin meningkat.
Kanker mulut merupakan bagian dari kanker kepala dan leher. Kanker mulut dapat berkembang dalam setiap bagian dari rongga mulut atau orofaring. Sebagian besar kanker mulut dimulai di lidah dan di dasar mulut. Bila kanker mulut menyebar (bermetastasis), biasanya perjalanan melalui sistem limfatik. Sel-sel kanker sering muncul pertama pada kelenjar getah bening terdekat di leher.
Sel-sel kanker juga dapat menyebar ke bagian lain dari leher, paru-paru, dan bagian tubuh lainnya. Tumor baru yang tersebar tersebut memiliki sel yang sama dengan tumor primer. Misalnya, jika kanker mulut menyebar ke paru-paru, sel-sel kanker di paru-paru merupakan sel kanker mulut. Penyakit ini merupakan metastasis kanker mulut, bukan kanker paru-paru.


Jenis Jenis Kanker Mulut
1.Kanker lidah yaitu adanya daging atau benjolan yang tumbuh menempel pada lidah. Untuk jenis inipun memiliki ragan jenis antara lain benjolan yang tumbuh di lidah bagian atas dimana makin lama makin membesar, sehingga sulit untuk mencerna makanan. Jenis kanker lidah yang lain adalah adanya daging tumbuh dibawah lidah yang menyebabkan lidah menempel dengan langit langit bawah. Untuk jenis kanker seperti ini, kesehatan penderita akan cepat drop karena kesulitan untuk makan, sementara nafsu makan hilang karena dalam waktu yang bersamaan dari dalam mulut keluar cairan bening kanker yang berwarna bening atau kekuningan, dimana cairan ini makin lama makin menebal sehingga lidah akan sulit bergerak dan kerongkongan akan menyempit. Kanker yang menempel pada lidah akan menyebabkan pembusukan dan lama kelamaan akan pecah, dan mengeluarkan cairan kanker yang terus menerus.
2.Jenis kanker mulut lainya adalah lidah berlobang. Lobang lidah makin lama makin melebar sehingga lidah akan terlihat makin terkorek seperti sariawan yang besar. Jumlahnya bisa banyak dan lama kelamaan lidah akan berobah warna menjadi kekuning-kuningan, dari dalam lidah atau bawah gusi bisa terasa mengeluarkan cairan secara terus menerus sehingga sangat mengganggu, berbicara terasa susah, dari bawah gusi bisa terasa sakit menusuk-nusuk.
3. Kanker mulut lainya adalah kanker yang muncul dari gusi. Pada awalnya terasa seperti sakit gigi, sakit senut-senut. Lama kelamaan gusi akan terasa membesar dan pipi terasa bengkak. Bisa jadi akan keluar cairan dari gusi berwarna bening atau kekunin-kuningan. Tentu masih banyak jenis kanker yang lain yang bisa muncul dari dalam mulut yang tidak dapat kami jelaskan satu persatu tetapi hal terpenting adalah bagaimana mencegahnya, apa sebab-sebabnya, dan jika sudah terkena bagaimana pengobatannya.

Tanda dan Gejala Kanker Mulut
Beberapa tanda dan gejala yang sering dijumpai pada penderita kanker mulut, anatra lain :
 Sariawan pada bibir yang lama tidak sembuh
Bercak di dalam mulut atau bibir berwarna putih, merah, atau campuran merah dan putih
Nyeri pada bibir atau mulut
Pendarahan di mulut
Kehilangan gigi
Sulit atau nyeri saat menelan
Sulit memakai gigi palsu
Benjolan di leher
Nyeri pada telinga


Penyebab Kanker Mulut
Terdapat banyak faktor risiko yang dapat menyebabkan kanker mulut. Berdasrakan beberapa penelitian terdapat faktor-faktor risiko tertentu yang menyebabkan kanker mulut antara lain :
Rokok/Tembakau
Minuman beralkohol
Perilaku seksual (oral seks)
Terkena sinar matahari
Riwayat kanker kepala dan leher

Faktor Resiko Kanker Mulut
Faktor risiko
Beberapa faktor yang meningkatkan risiko kanker mulut antara lain :
Mengkonsumsi tembakau baik itu dengan merokok atau mengunyah tembakau
Mengkonsumsi alkohol
Terlalu banyak terkena sinar matahari pada bibir
Virus seksual menular yang disebut virus HPV
Pernah mengalami kanker sebelumnya
Pengobatan radiasi pada area kepala dan leher

Metode Pengobatan Kanker Mulut
Terdapat beberapa metode pengobatan yang biasa dilakukan untuk menyembuhkan kanker mulut yaitu :
1. Operasi
Terapi paling umum untuk kanker mulut adalah bedah atau operasi untuk mengangkat sel-sel kanker hingga kelenjar getah bening di leher dan jaringan lain di mulut dan leher. Operasi dapat dikombinasikan dengan terapi radiasi.

2. Radiasi (Radioterapi)
Terapi radiasi atau radioterapi adalah jenis terapi local untuk tumor kecil atau untuk pasien yang tidak dioperasi. Terapi radiasi dapat digunakan sebelum operasi untuk membunuh sel kanker dan menyusutkan tumor. Terapi ini juga dapat digunakan setelah operasi untuk menghancurkan sel-sel kanker yang mungkin tertinggal di daerah tersebut.

3. Kemoterapi
Kemoterapi adalah jenis terapi yang menggunakan obat antikanker untuk membunuh sel kanker. Kemoterapi biasanya diberikan melalui suntikan.


Pencegahan Kanker Mulut
Tidak ada cara untuk mencegah kanker. Tetapi anda dapat mengambil tindakan untuk mengurangi risiko kanker mulut dengan :
Berhenti mengkonsumsi tembakau
Tidak mengkonsumsi alkohol
Makan makanan kaya buah dan sayuran
Hindari terlalu banyak terkena sinar matahari
Memeriksakan diri ke dokter gigi secara teratur

Pantangan Makanan bagi penderita kanker mulut
Seorang penderita kanker mulut, mengonsumsi makanan sehat ialah wajib hukumnya. Mengendalikan nafsu akan makanan berlemak  juga wajib hukumnya. Meski begitu, mereka (para penderita kanker mulut) ini tetap membutuhkan bantuan dari orang-orang di sekelilingnya untuk menjaga pola makannya.

Peran dari keluarga, sebagai sosok terdekat, bagi seorang penderita kanker mulut ialah sangat penting. Keluarga harus memberikan support dalam bentuk apapun, khususnya dalam hal menjaga pola makan si penderita kanker mulut.

Makanan yang dapat menyebabkan kanker mulut kambuh
Segala jenis makanan  yang pedas, apa aja ynag mengandung zat cabe yang berlebih.. seperti sambal, dll.
Makanan yang mengandung zat garam berlebih juga menyebabkan rasa sakit bertambah

kategori pemeriksaan kanker telah menyebar atau belum (kanker Mulut)
Rontgen gigi
Rontgen dada
CT scan
MRI



0 komentar:

Posting Komentar